Desember 17, 2010

KISAH SI PENJUAL KESET - HOUSE OF MBAH SUMO #DAY 3




JIKA AKU MENJADI EPISODE KISAH SI PENJUAL KESET
jadwal tayang: kamis, 23 december 2010, Pukul 18.00 WIB 
Trans TV



DAY #3

tadi malam tidur cepat lagi. lagi-lagi banyak tetangga nenamu ke rumah mbah sumo lagi. masih sama seperti tadi malam. lalu curi-curi ngintip ke arah kamar yang emang gapunya pintu dari ruang tamu. jadi kalo gue tidur yaa keliatan lah sosok gue dari tempat mereka-mereka yang datang itu duduk. yoo moso guee nggak nyapa sih? ga enak kan yaa..mulai lah basa-basi lagi padahal ngantuk encok pegel linu gitu. "eh iya pak saya cecil. saya dan teman-teman mahasiswa dari jakarta mau buat tugas akhir kuliah. dan kita mau tau tentang bagaimana kehidupan warga desa seperti mbah sumo ini". lalu dihujani pertanyaan-pertanyaan menyelidik diselingi guyonan-guyonan yang gue tanggepin sehinggaaaaa makin lama waktu gue buat bisa tidur lebih cepet. ada bapak-bapak yang nanya "kok bisa tau mbah sumo? darimana?" ada yang tanya "mbak ini kuliah dimana dijakarta? jurusan apa?" adalagi yang tanya "mbak rumahnya deket nggak dari monas?" syalalalalalalaaaaaa..
mulailah gue mengarang indah kalo sebelum memilih mbah sumo sebagai korban penelitian, kita udah survey dulu sebelumnya. trus gue ini mahasiswi UI jurusan kependudukan yang lagi dalam ujian akhir mau lulus dan mau lanjutin S2 di UGM. makanya menjadikan yogya sebagai tempat penelitian (emang ada yaa jurusan kuliah "kependudukan"..gue sebut ini atas bisikan mas kadek sang cameramen kemarin siang waktu ditanya ibu-ibu juga pas baru dateng dan ngobrol-ngobrol disamping rumah. jadi jangan salahin gue yaa kalo ternyata nggak ada jurusan ini di UI) hahahaaa. dan pertanyaan mengenai rumah yang deket sama monas, setelah gue perhatiin muka si bapak yang nanya ini, gue pengen ngakak-ngakak ga karuan. kalo bisa guling-gulingan mungkin boleh juga gue coba. selain pertanyaannya yang nggak penting abis, muka si bapak ini juga mirip banget sama sule kalo dibotakin. DAN GUE MENOMINASIKAN DIA SEBAGAI SAINGAN MBAH YANTO DALAM KATEGORI "KOMEDIAN SLEMAN ASLI" :) mudah-mudahan besok bisa ketemu nominator lainnya biar beneran bisa gue kasih award.

okee-okee mulai nggak fokus nih. seharusnya cerita hari ketiga kok malah masih ngebahas tentang semalem. jadi dihari ketiga ini gue tetep bangun shubuh seperti kemarin. sholat shubuh dan nyiapin perlengkapan mandi trus cusssss ke rumah bu yanto yang tidak lain dan tidak bukan adalah rumah tempat gue numpang mandi selama disana. bu yanto nggak punya wc buat buang air besar juga, sama kayak mbah sumo. tapi dia punya bilik buat mandi di dapur belakang rumahnya. jadi komposisi ruang paling belakangnya bu yanto itu gini..ruangan itu agak gede (emang sih rumah bu yanto jauh lebih gede dan lebih bersih dibanding mba h sumo. jauhhhhhh. bu yanto udah pake ubin. bu yanto juga punya dua kamar tidur yang pas gue lewat dan pintunya kebuka yaa lumayan gede dan bersih) trus diruang belakang ini ada sumur yang batas ketinggian sumur nya lebih tinggi daripada punya mbah sumo trus disamping itu ada tempat buat nyuci baju. nah didepannya si sumur itu ada tembok penyekat buat mereka mandi. jadi nggak pake pintu dan tembok nya cuma setengah gitu. jadi kalo gue mandinya berdiri ya kepala gue otomatis keliatan mungkin sampe ke dada. harus jongkok lah yaaa mandinya. disitu cuma buat mandi sama pipis aja. kalo puppiii mereka juga harus pergi ke kali. pe-er abis. nah di depannya si bilik buat mandi itu dapur dimana kalo tiap gue dateng numpang mandi, si bu yanto pasti lagi sibuk masak. jadilah gue mandi sambil ngobrol tanpa liat muka sama bu yanto. belom pernah sih nih mandi cara begini. lumayanlah nambah pengalaman. dan, oiya..mandi disini juga harus nimba disumur, bagusnya sumur bu yanto ini didalem rumah dan ditutup setiap abis dipake jadi airnya bersih. nah yang nimbain air buat mandi gue itu mbah putri. padahal gue nggak minta. baru mau nimba sendiri udah ditimbain :( jadi merasa bersalah. anak umur 24 tahun mau mandi ditimbainnya sama yang umur 55 tahun. berasa ga sopan abis. tapi yaa mau gimana lagi, embernya udah keburu penuh keisi air. makasih yaa mbahhhhhhhhh huhuhuhuhuuuuuu. jadi inget kalo dia mulai mengeluarkan bahasa roaming nasional njowo nya itu dan gue suka mengernyitkan dahi trus geleng-geleng bilang nggak ngerti, pasti dia langsung ketawa-ketawa ngakak trus ngomong sambil deket-deketin mukanya ke muka gue "ndak ngerti ndak ngerti waee koe iki tho. opo ndak ngerti?" sebenernya si mbah putri ini juga calon-calon komedian nih, tapi dia keseringan sedih sih kalo ngomgong suka sambil berkaca-kaca matanya trus diusap-usap..kadang-kadang gue bilang, :mbah jangan keseringan diusap mulu tuh mata, ntar ilang loh" trus dia ketawa. dia ngerti kok gue ngomong apa, soalnya pas gue ngomong tentang bagian mata ini dilengkapi bahasa tubuh yang aero dinamis! kalo sampe ga ngerti juga, BLEH!

selesai mandi, gue siap-siap buat kegiatan hari ini. hari ini itu kita mau ke pasar sleman buat jualan keset. kepikiran sih, ntar jualannya laku ga ya. pengen rasanya gue jualin dua puluh ribu tuh keset per-satuannya..ada yang mau beli nggak yaa? biar si mbah seneng. 
eh ehh ntar dulu, ada cerita kocak juga yang kelupaan. jadi gue setiap abis keramas harus ngeringin rambut pake hair dryer. karena udah kebiasaan nih. kalo nggak pake hair dryer berasa rambut ga oke ntar keringnya. nah waktu packing gue nggak bawa hair dryer andalan gue yang biasa gue pake, karena starting point watt nya 1000 watt tuh hair dryer, turun-turunnya paling ke 700 watt abis itu. karena tau kemana gue mau pergi, jadilah gue bawa hair dryer yang agak cupu kalo ngeringin rambut ini. watt nya cuma 350 saja. daripada nggak sama sekali iya kan. nah pada kenyataannya setelah mandi dan mau nyolokin tuh hair dryer, gue nanya dulu sama si mbah.."mbah dirumah ini berapa watt listriknya?" si mbah menjawab "400 watt"..huaaaaaaaaaaa! nggakjadi deh gue ngeringin rambut. bisa sih kalo semua lampu dimatiin trus gue ngehair dryer rambut. tapi kok jadinya kayak maksa banget yah. berasa manja abis. jadi gue coba memposisikan kebiasaan ini sebagai kebutuhan premier pada keadaan kali ini. so, aku angin-anginkan saja rambut ini. gapapa kok. kalo dijakarta mungkin gue udah kesel, tapi disini nggak kok hehehehe.

baiklah, sampai pada siang hari waktunya perjalanan shooting buat jualan keset ke pasar. kepedean ga pake sunblock. padahal dijemur abis-abisan. panasnya ruarrrrr biasaaa. mata udah nge-blur! diotak isinya cuma es teh manis es teh  manis es teh manis. tapi mana mungkin, orang jualan aja belom. ini masih perjalanan mau ke pasarnya bawa-bawa keset sambil bawa sepeda jugak. hah.

pokoknya kegiatan masar-mamasar ini bener-bener kegiatan paling banyak andil buat kulit gue se-item sekarang. tapi lagi-lagi pengalaman berjaya disini. kapan lagi gue bawa-bawa keset serabut terus teriak-teriak "keset..kesetttt" di pasar pulak. nawar-nawarin ke orang-orang. dan si mbah disini tugasnya hanya mengikuti gue karena gue yang akan jualan sekarang. woo hoo! mulai dari nawarin sepuluh ribu satunya, sampe ditawar sepuluh ribu tiga! oh noo! dengan kekuatan bulan gue bertahan. mencoba menjual 15 buah keset ini dengan harga tinggi biar si mbah seneng. 

ini bagian dimana gue bener-bener jualan. mengerahkan seluruh kemampuan gue buat nawarin keset serabut yang jaman sekarang kayaknya udah tergantikan deh sama keset kain. tapi bodo amat! HARUS LAKU! (susah ngebedain mana ambisi mana suka maksa) LOL.
mas ronggo yang lagi ngegoda-godain si mbah. liat deh gayanya si mbah, oke banget kan. udah gue bilang, mbah putri ini emang sebenernya lucu banget. kita suka banget ngegodain dia karena dia juga suka ngegodain duluan. hahahahaa
see! see! dia mau ngikutin gaya apa yang gue bilang! ini salah satu bukti kecintaan dia sama gue. saking dia ini nurut banget orangnya, mau aja gue ajak photo gaya begini. liat aja, nanti akan ada lagi gaya-gaya lain yang gue peragain dan gue mau dia ngikutin. kemooooooooooonnnnn mbah! :) oiyaaa, baju yang mbah putri pake ini adalah baju gue. sebelum berangkat mbah putri bilang kalo ada kaos gue yang ngga terlalu suka, buat kenang-kenangan mbah. dan itu sebenernya piyama pink baru gue..karena kaos-kaos yg gue bawa pas-pasan buat kebutuhan shooting, hasilnya dia suka banget dan langsung mau dipake buat ke pasar! ahahahhaaa..
abis selesai jualan, sekarang kita duduk-duduk diemperan sambil pesen es dawet. sumpah tenggorokan gue kering sekering gurun pasir. ga pake lebay. abis itu kita ngitung duit hasil jualan. and yesss! penghasilan hari ini bertambah 100% dari yang seharusnya! wee hoo! si mbah muji-muji gue terus, katanya gue pinter jualan! seneng deh doi :)

gue nggak bisa ngegambarin gimana perasaan gue secara keseluruhan. yang terlihat digambar-gambar ini dan apa yang terucap lisan gue cuma sebagian kecil dari prosesnya. ada hal-hal pelajaran hidup yang gila-gilaan luar biasanya ada didepan mata dan gue tangkep dengan hati (cieeeeee bahasa gue!) maaf untuk kelebihan kata-kata yang suka gue ungkapkan buat penggambaran diri. gue kan bukan penulis pro. lebih suka nulis ngawur tapi emang begitu kejadiannya, makanya gue paling jarang nulis fiksi. mendingan nulis pengalaman hidup deh. 

lanjut yeee.
abis selesai jualan di pasar, kita makan siang di rumah makan padang. duduk sederetan satu meja. pilih lauk yang mau dimakan. nah si mbah putri keliatan canggung gitu. akhirnya gue ajak buat pilih lauk. gue tanya mbah mau makan pake apa. pastinya dia jarang banget makan ayam, ikan apalagi daging. jadilah menu jatuh pada ayam gulai, sayur singkong dan sambel serta kuah santan ditumpukan nasi (yaa standart komposisi nasi padang deh). udah lahap-lahap makan, ga ada yang merhatiin. semua udah selesai makan. dan mbak mawar ngingetin buat bungkus lauk buat makan mbah sumo dirumah. tau-taunyaaa yaaa pemirsaaaa sekalian, ayam yang tadi buat lauk doi makan dipiring itu, masih utuh dooong cuma kecuil sedikit doang, yang bersih ya nasi sama sayur singkongnya. ternyata dia mau bawa pulang buat lauk makan ntar malem. segitunyaaa yaa mbah? :( gue sering banget buang-buang makanan yang udah gue ambil dipiring. ternyata masih ada orang yang susah makannya emang susah. susah banget.

pulang kerumah masih ada lagi yang harus dilakuin. yaitu KESAWAH. kesawah sama mbah sumo. jadi si mbah sumo ini kerjaan sebenernya adalah ngurusin sawah orang. dia yang yang ngerjain dan modal sendiri juga. mulai dari a-z tuh sawah sampe bisa panen. nah hasilnya nanti bagi dua sama yang punya sawah. tapi kan namanya juga sawah, hasilnya gabisa harian. harus nunggu berbulan-bulan. dan itu juga pekerjaan dia sebelum kakinya sakit kayak sekarang ini. iya, kaki mbah sumo sakit. gatel-gatel dan bersisik. kalo pake sendal sakit. makanya dia kemana-mana nggak pake sendal sekarang. udah sekitar setengah tahun ini jadi udah sesuatu yang nggak mungkin dia turun ke lumpur sawah lagi buat nebar pupuk atau ngebajak sawah. mana nggak punya anak yang bisa disuruh ngegantiin posisi si mbah sumo. yang pasti sawah terbengkalai dan hasil dari sawah itu nggak akan maksimal. tapi doi tetep dengan semangat 45 masih suka kesawah  bawa konsentrat pupuk buat ditebar dari atas aja. begitupun kali ini, kita mau menuju sawah buat ngeliat gimana caranya mbah sumo kerja buat dapetin nafkah. ngelewatin kumpulan anak kecil lagi main disamping rumah mbah sumo, kita pelan-pelan jalan nuntun sepeda. kenapa sepedanya dituntun? ini kebiasaan mbah sumo. mbah sumo itu umurnya udah sekitar 80 tahun, dan kayaknya punya masalah sama pernafasan. soalnya setiap nafas nya selalu bunyi dan ngos-ngosan. apalagi kalo malam waktu tidur. kasian sih. tapi si mbah sumo ini juga bandel orangnya. dia nggak bisa lepas dari yang namanya ngudut alias ngerokok. dengan umur yang segitu, dia masih kuat aja loh bangun pagi belom minum belom makan udah bakar rokok. buset banget deh nih legend! kadang rokoknya suka dibuat sendiri biar murah katanya. jadi dia beli kertas rokok sama cengkeh campur tembakau terpisah. bandel abis. jadi inget nyokap gue yang juga bandel abis dirumah nggak mau dibilangin banget kalo masalah rokok. nah makanya mbah sumo selalu nuntun sepeda biar dia punya pegangan buat jalan kesawah. kalo nggak ada sepeda dia nggak akan kuat jalan sampe sawah. pasti harus berhenti-berhenti gitu.


ini gerombolan wong pitik-pitik (anak kceil maksud gue) yang kita lewatin dan lagi main di sebelah rumah mbah sumo. suasana desa banget liat yang beginian.

sampe di pematang sawah, pada diem semua. ternyata bagus banget apa yang diciptain Allah disana. hamparan sawah yang luas lengkap dengan kmbinasi warna daun, langit, tanah, batu, pohon, dan semua isi sawah yang keliatan deh pokoknya. Subhanallah.


sampai di petakan sawah yang dituju, kita parkir sepeda dan turun ke bawah pematang sawah. gue bawa ember kecil yang isinya konsentrat pupuk buat ditaburke se-antero sawah biar subur. tiba-tiba si mbah bilang "wah pada dimakanin tikus nih" spontan denger nama binatang malesin itu gue pengen marahin mbah rasanya. kenapa harus sebut nama tuh makhluk. tapi nggak mungkin juga gue marahin si mbah gara-gara itu. udah gila kali. emosi sesaat sih denger nama hewan paling gue benci itu hehe. terus mbah bilang kita nabur pupuknya dari atas aja karena dia nggak mungkin turun ke lumpur sawah begitupun dengan gue. tapi crew-crew puk sekalian berkata lain. mereka bilang gue harus nampilin keseharian si mbah sebelum kakinya sakit. yang artinya tugas gue disitu adalah membantu mbah sumo buat nebar pupuk sebagaimana gue bantu mbah putri buat keset dan jualan keset di pasar. HUUFTH! inhale exhale ini mah judulnya. masuk sawah dikira gampang yak? perlu keteguhan hati super seimbang ini. apalagi si mbah baru nyebut-nyebut tikus. kalo boleh milih, gue mending disuruh jualan dua hari dipasar deh gue abisin tuh keset semuanya kejual daripada siksaan batin masuk lumpur gini!!! tapi apa mau dikata, nasi sudah jadi bubur. tepung pun sudah jadi roti. gue emang harus masuk lumpur dan nebar tuh pupuk. si mbah pake muka khawatir nanya, "beneran nggak apa-apa?" ternyata khawatir juga dia sama gue. ahaa! tapi tetep gue takut. dan tau sendiri, pasti nih shoot nya harus diulang-ulang seperti biasa. bolak-balik, bolak-balik. bayangin deh bolak-balik didalem lumpur sawah. mana tingkat kedalaman lumpurnya ga bisa diprediksi lagi. kadang gue ngelangkahin kaki, bisa stabil. abis itu ngelangkahin kaki selanjutnya kaki gue amblas masuk kedaleman. wooohhh..heboh lah pokoknya. pake nangis-nangisan gara-gara ditakut-takutin tikus lagi. sejujurnya ini paling malesin. ketemu cacing atau ulet masih bisa nahan deh gue. lah ini kalo ketemu tikus??. 


pokoknya pengalaman gue masuk sawah ini baru sekali seumur hidup dan mudah-mudahan cuma sekali ini aja yaa. yang asik itu nikmatin pemandangan sawah tanpa masuk lumpur. itu udah paling bener. tapi berhubung memang keterkaitan untuk masuk lumpur ini sangat harus yaa baiklah gue lakukan dengan segala cara. selesai main lumpur si mbah suruh gue bersihin kaki di selokan air mengalir. sambil sisa-sisa nangis gue bersihin tuh kaki yang udah mirip astor adonan cokelat. nanti sampe rumah harus banget nih cuci ulang pake dettol. 


selesai sama kegiatan sawah menyawah, mari kita abadikan moment bersejarah ini dengan photo-photo!


ini dia orang-orang yang ngerjain gue! dan ini dia sawah tempat gue jerit-jeritan sambil menebar pupuk.

mas kadek yang photoin. biarin aja dia nggak ikut di photo. soalnya dia yang paling sering ngerjain gue haha.

menyenangkan! gembira! ria! fun abis-abisan lah pokoknya!

perjalanan menuju rumah. karena sepeda udah dibawa pulang duluan sama mas amri, walhasil si mbah ngos-ngosan terus jalannya dan kita berhenti beberapa kali, si mbah duduk beberapa menit untuk ngatur nafas yang udah ngiiik ngiiik ngiiiiiik bunyinya. dan sedari tadi diikutin segerombolan bocah-bocah buanyaaaaaak banget dibelakang. DAN BOCAH-BOCAH ITU JUGA  YANG TADI NONTONIN TERUS NGETAWAIN GUE WAKTU MASUK SAWAH! *ogah senyum ah sama mereka *dendam :p

kebersamaan ini hanya tinggal semalam lagi. semua hanya akan jadi cerita, pengalaman hidup, dan kenangan yang gue bawa sampai tua. memang ini bagian dari pekerjaan, tetapi terlalu banyak pengalaman hidup yang berharga masuk didalamnya. terlalu banyak unsur pembelajaran hidup! Ziiiiiiiieeeeeeee! 

kembali ke kehebohan kaki gue yang tadi abis masuk lumpur sawah. pulang kerumah, gue bersihin sekinclong-kinclongnya pake sabun dettol, sikat sampe ke kuku trus selesai itu gunting kuku! ehhhhhh, masa malem-malemnya timbul bentol-bentol gede yang nggak sama kayak bentol biasa digigit nyamuk. ini bentolnya gatel luarrr biasa tapi sakit kalo dipegang. penyakit apa ini om-om tante-tante dokter kulit?? jangan sampe berat-berat penyakitnya dooong.. :( sibuk kasak kusuk kegatelan kaki ku! 

DAN MAMI TOLONGGGG! ini malam terakhir, ini kan seharusnya jadi malam indah dong. tak terlupakan kalo di film-film drama. mosoooooo sih mau tidur ada suara tikus????!!! baru kali ini selama mau beberapa hari tidur disini tuh tikus bunyi nya ganggu otak banget..mana aku bisa tidur sodara-sodara?? sibuk was-was liat-liat kalo-kalo itu makhluk lewat-lewat..NGERI ABIIIIIIS!

cepet pagi dong cepet pagi cepet pagi cepettttttt pagi! pretty please...
 

2 komentar:

  1. BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT



    BUAT ANDA INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL SILAHKAN MENGHUBUNGI KI ANGEN RUSMAN DI NMR ( 082 334 222 676) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 10 X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  2. mengucapkan banyak2
    terimakasih kepada EMBA WORO atas angka togel yang di
    berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
    bantuan EMBA WORO saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
    ada di BANK dan bukan hanya itu EMBA WOROI alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
    sehari2. itu semua berkat bantuan EMBA WORO sekali lagi makasih banyak
    yah EMBA WORO… yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EMBA WORO DI NO: (((_085261240191_)))

    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….

    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

    1″Dikejar-kejar hutang

    2″Selaluh kalah dalam bermain togel

    3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

    4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

    5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..

    Solusi yang tepat jangan anda putus aza…EMBA WORO akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D_3D_4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: EMBA WORO DI NO: (((_085261240191_)))

    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

    angka GHOIB; malaysia

    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

    angka GHOIB; laos






    mengucapkan banyak2
    terimakasih kepada EMBA WORO atas angka togel yang di
    berikan “4D” alhamdulillah ternyata itu benar2 jebol dan berkat
    bantuan EMBA WORO saya bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya yang
    ada di BANK dan bukan hanya itu EMBA WOROI alhamdulillah sekarang saya
    sudah bisa bermodal sedikit untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya
    sehari2. itu semua berkat bantuan EMBA WORO sekali lagi makasih banyak
    yah EMBA WORO… yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi EMBA WORO DI NO: (((_085261240191_)))

    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan…sendiri….

    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!

    1″Dikejar-kejar hutang

    2″Selaluh kalah dalam bermain togel

    3″Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel

    4″Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat

    5″Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..

    Solusi yang tepat jangan anda putus aza…EMBA WORO akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D_3D_4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin 100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: EMBA WORO DI NO: (((_085261240191_)))

    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

    angka GHOIB; malaysia

    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

    angka GHOIB; laos

    BalasHapus