Desember 17, 2010

KISAH SI PENJUAL KESET - HOUSE OF MBAH SUMO #DAY 2


JIKA AKU MENJADI EPISODE KISAH SI PENJUAL KESET
jadwal tayang: kamis, 23 december 2010, Pukul 18.00 WIB 
Trans TV



DAY #2

bangun shubuh ini yang bener-bener udah waktu shubuh. kenapa gitu? karena gue sempet kebangun 3 kali. bangun pertama kali si mbah putri ikut kebangun juga. dan waktu gue tanya jam berapa ini karena gue pikir pasti udah shubuh nih..gue berasa tidur udah lama banget soalnya. ternyata pas liat jam masih jam setengah satu malem aja doooong. untung masih ngantuk tuh. sama aja dengan dua kali bangun berikutnya. setiap liat jam pasti belum sampe ke jam shubuh. tetep ngelanjutin tidur lagi dan berharap kali ini ga bangun sampe bener-bener shubuh aja. 
wee hoo! adzan udah berbunyi. anyway, di daerah sleman ini rumah mbah sumo nggak terlalu terpencil sebenarnya. malah rumah si mbah letaknya dipinggir jalan besar. dan memang daerah itu udah termasuk daerah "urban" kalo gue bilang. hanya memang mbah sumo nya sendiri yang sudah terlalu tua dan tidak berpendidikan cukup untuk berusaha mengikuti perkembangan hidup di desa itu. faktor umur juga kan kalo kayak gini. yaa kayak nggak bisa bahasa indonesia dan sudah susah mencari nafkah. itu termasuk dalam minimnya tingkat pengetahuan dan kemampuan mengembangkan diri. buktinya, rumah-rumah disekitar mbah sumo yang memang sama lingkungannya masih terlihat diatas garis rata-rata penghasilannya, cara bicaranya, cara berinteraksinya. seperti mbah yanto, tetangga sebelah rumah mbah sumo yang ternyata kawan mbah sumo dari kecil. mereka seumuran. tapi mbah yanto punya usaha laundry kiloan dan warung kelontong dirumahnya. mbah sumo juga bisa berbahasa indonesia yang oke..setiap pagi kalo gue udah selesai numpang mandi di rumah bu yanto (tetangga belakang rumah mbah sumo dan kebetulan nama keluarganya yanto juga sama seperti mbah yanto haha) selalu aja si mbah yanto ini dateng ke kamar dan duduk diujung dipan ngajakin gue ngobrol sambil ngeliatin gue pake peralatan lenong kayak moisturizer, lip balm, hair serum, dan dia selalu bertanya kegunaaan dari tiap-tiap barang-barang yang gue pake. ahahhahaa kocak ni mbah. si mbah ini imut-imut gitu. gue julukin dia mbah cut tari. mirip bok! selain mirip imu-imutnya jugak, si mbah yanto ini senengannya nggosip waeeeee kayak host insert. and she's more and more and more HOT  plus expressive than cut tari or indra herlambang :p

ini dia si jali-jali! eh si mbah cut tari alias mbah yanto maksud gue. ahahhaaaa..can you imagine how funny is she? TOTAL!


begitulah mbah yanto dengan jamuan gosipnya setiap pagi. menghibur tapi kadang kalo lagi buru-buru bisa juga buat sakit gigi. hehehheee. 

first day of shooting. pagi ini jadwalnya gue ke pasar sama mbah putri buat beli bahan belanjaan makan siang. jadi ceritanya pas team survey dateng bilang mau izin nginep dirumahnya si mbah buat tugas akhir kampus, si mbah nanya berapa orang yang nginep, karena mereka ga sanggup kasih makan kalo rame-rame. penggalan kata-kata si mbah yang bisa buat merinding itu gini "yaa bukannya nggak mau..lah wong buat makan berdua aja sehari-hari susah..takutnya nggak bisa kasih makan selama disini". bisa bayangin nggak mereka sehari makan sekali aja udah syukur banget. dengan atau tanpa lauk. bisa bayangin? kadang kepikiran pun nggak sama gue kalo gue lagi enak-enak tiduran dirumah leha-leha sambil ngemil snack dan browsing internet. tapi ternyata yaa, disini. di sleman. di rumah yang nggak layak buat mereka ini, masih ada yang sehari kerjanya harus pol-polan buat bisa ngisi perut aja. nggak mikirin selera yang abis kerja berat pengen makan yang seger-seger atau pengen makan yang pedes-pedes atau pengen ini pengen itu. yang penting buat mereka itu ada tenaga yang bisa kekumpul lagi buat besok kerja keras. bisa bayangin nggak sih? Ya Allah. hal ini yang buat gue bertahan. hal ini yang buat gue nggak sedikitpun ngeluh saat itu didepan mereka. kalo aja kalian tau, berapa coba biaya parkir yang lo keluarin kalo jalan-jalan ke mall? bahkan gue sering bayar dua puluh ribu cuma buat parkir aja di mall-mall di jakarta setelah seharian markir tuh mobil. dan penghasilan mereka sehari kadang ngga lebih dari limabelasribu rupiah untuk minimal enam keset yang kejual sehari. dan itu belom tentu besok bisa jualan keset lagi. kalo emang udah ada keset yang bisa dijual lagi ya mbah putri pasti ke pasar untuk jualan lagi tapi kalo nggak ada yaa uang itu harus cukup memenuhi makan dua hari plus modal buat keset juga. bisa bayangin nggak?

akhirnya mba mawar team dari trans tv ngasih uang duapuluhribu rupiah tadi malem buat hari ini makan siang. si mbah putri keliatan seneng banget. berangkatlah kita ke pasar buat belanja. berduaan aja. si mbah putri bawa-bawa keset tujuh biji. seinget gue, dia nggak perlu jualan sekarang. karena ntar kan ada shoot gue jualan keset sama dia, kalo keset nya keburu di jual, berkurang dong ntar stok keset yang mau coba gue jualin. nah susahnya tetep di bahasa. dengan susah payah gue bilang kalo nggak usah bawa-bawa keset. nanti aja jualnya. tapi doi ngotot. ternyata setelah perdebatan pake bahasa planet dan bahasa tubuh, gue ngerti sekarang kalo si ketujuh keset itu emang pesenan rutin. jadi si mbah punya juragan di pasar yang udah pasti tiap minggu beli keset nya dia tujuh buah. tapi sayangnya harganya diteken serendah mungkin. dan si mbah iya iya aja lagi! kasian. baiklah. akhirnya gue ngerti. tapi harus tegang dulu otot syaraf gueeee -__- udah sampe pasar, mulailah gue perhatiin dia belanja. trus gue photo-photo candid gitu. dia seneng di photo-photo. kayaknya dia punya bakat dan naluri jadi photo model deh dulu. dan tiba-tiba yaahhh, ada aja orang yang nyalam-nyalamin gue. nyapa-nyapa. trus bilang, "mba ini dari jika aku menjadi ya?" oh ternyata nih acara udah jadi tontonan sehari-hari mereka. mungkin mereka bisa liat gelagat-gelagatnya. untung si mbah nggak ngerti. yang penting sih itu.
pulang dari pasar si mbah putri beliin mbah sumo gorengan kayak bakwan dan tahu goreng gitu. kesukaannya mbah sumo. kalo gue sih sarapan apel. oiya tadi di pasar gue sempet beli kue pukis..laper mata sih karena ngebul-ngebul masih anget. sampe rumah gue cobain busetttt itu kue pukis apa batu keras bener. gue tarok di meja. si mbah nanya kok ga dimakan, gue bilang nggak suka. trus dia makan dan dia suka banget karena katanya dia jarang beli bahkan ga pernah. soalnya harganya tiga ribu sih :( 

akhirnya team trans tv dateng juga. kita mulai shooting agak siang. udah jam matahari panas banget. kasiannya gue nggak bisa boncengin si mbah putri pake sepeda ontelnya. takut jatoh. dia yang boncengin gue :( mana harus diulang-ulang. dia bilang "kesel e aku" maksudnya kesel itu dalam bahasa jawa ternyata "capek" gue kira dia kesel beneran. sampe dia nanya kok diulang-ulang dan kita pun berulang-ulang juga jelasin "biar gambarnya si mbah bagus di camera mbah..dan biar hasilnya bagus dosennya seneng kita dapet nilai bagus" ohhh mbah maaf yaa diboongin.

mulai lah gue ikutin semua kegiatan dia di bagian keset-kesetan ini. dan gue nangis ditengah panas terik sambil bantu ngedorong tuh sepeda ontel yang sekarang udah digelayutin empat karung serabut kelapa DAN ITU BERAT ABIS! panas-panas gitu. apa ini yang namanya bener-bener hidup yaa? ini belom seberapa. sampe dirumah semua serabut itu harus diketok pake besi yang berat banget. terus dijemur. baru kalo udah kering bisa dipilin-pilin jadi keset di alat kayu. dan gue nggak bisa ngejelasin gimana sakitnya telapak tangan gue harus melintir-melintirin serabut kelapa yang segitu kasarnya. yaa mungkin lo bisa bayangin sendiri lah yaa. hasil akhirnya telapak tangan gue lecet-lecet. ujung tangan bengkak-bengkak dan ujung jari deket kuku pecah-pecah :( kenapa gue bener-bener nyobain buat tuh serabut kelapa? gue pengen tau aja gimana rasanya jadi si mbah. sekarang gue udah tau seengaknya udah punya bayangan. jadi sekarang gue ngerti kenapa si mbah nggak bisa buat keset banyak-banyak dalam sehari. yaa itu karena emang proses buatnya susah banget. dan jangan sedih. kalo udah selesai dibuat, itu keset harus di brongot lagi. brongot itu dibakar di api dan tangan si mbah yang udah biasa itu udah biasa aja kayaknya berhadapan sama api panas. dan dari proses panjang yang makan tenaga  dan pengorbanan segitu gede cuma dihargain dua ribu dua ratus lima puluh rupiah. paling mahal dijual tiga ribu rupiah :( sedangkan modal satu keset itu enam ratus rupiah. (2250-600=1650) sehari dia jual paling banyak enam sampe tujuh keset. bisa tau kan kira-kira berapa untungnya? nggak sebanding banget :(


The first shoot of today! harus bolak balik pake sepeda ontel yang super gede dan berat ini..dan gue nggak bisa boncengin si mbah..jadi harus mbah yang bonceng gue. dengan umur 55 tahun dan nafas ngos-ngosan. maaf ya  mbah :(


nggak sabar mau cepet selesai, udah kepanasan banget take berulang-ulang. bolak-balik, bolak-balik. kalo ditanya mbah kenapa ulang-ulang terus, jawabnya serempak "biar gambarnya bagus mbah. biar hasil nilai tugasnya bagus". ga lupa pake kata "maaf yaa mbah, sabar yaa mbah" :)


 ini mba mawar salah satu team trans tv. kira-kira gini cara pembuatan keset dari serabut kelapa itu. yah minimal abis nyoba buat keset, tangan berasa kayak parutan kelapa.


 ini hasil seharian "gaul" sama serabut kelapa :( nyut-nyutan, perih, bengkak :(

nggak semua cerita sedih-sedih kok. dihari kedua ini pagi-pagi tadi, selain mbah yanto yang bertandang mengahdirkan gosip-gosip terkini berita seputar sleman, ada juga anak kecil pintar yang gaya bicaranya sangat dewasa dan ceplas ceplos sekali. nih anak diantar eyang putri nya ke rumah mbah sumo. katanya mau main sama gue. cukup menarik juga gue ternyata buat anak ini. karena apa? karena dia tau gue bawa camera dan dia minta di photo muluk *narsis. 

dia paling suka gaya nempelin tangan ke kepala. jangan sampe itu pertanda kalo gede dia suka pusing kepalanya kebanyakan mikir.


ini singgasana favorit mbah sumo di ruang tamu yang suka dipake buat ngudut sama nge-wedang teh. ngudut itu maksudnya ngerokok. kita pake buat photo-photo selagi orangnya lagi puppi ke kali.


anak ini ekspresif sekali ya gayanya. tapi tidak dengan mimik mukanya yang datar abis. senyum kaleeeeek.


gambar-gambar diatas bukanlah hasil rekayasa. gaya-gaya model anak perempuan yang bernama zizi itu bukan juga atas arahan saya. dia membentuk gayanya sendiri setelah bilang berkali-kali mau diphoto pake camera warna putih (camera gue maksudnya). baru beberapa menit kenal dia sudah bisa merengek terus-terusan buat photo lagi photo lagi photo lagi! *mulai pusing sendiri gue.

well. ini sebagian manusia dikehidupan hari kedua gue di rumah mbah sumo. apa yang terjadi dihari ketiga? akankah lebih tragis dari hari kedua? we'll see.

2 komentar: