Desember 17, 2010

KISAH SI PENJUAL KESET - HOUSE OF MBAH SUMO #DAY 1

JIKA AKU MENJADI EPISODE KISAH SI PENJUAL KESET
jadwal tayang: kamis, 23 december 2010, Pukul 18.00 WIB 
Trans TV

DAY #1

GARUDA INDONESIA, 7.30AM TAKE OFF FROM JAKARTA AND JUST LANDED AT YOGYAKARTA.

bareng dua crew trans tv lainnya mba mawar sama mas kadek menuju yogyakarta. sedangkan dua crew lainnya mas ronggo, mas amri udah duluan dari eberapa hari yang lalu untuk survey nara sumber dan siapin segala keperluan shooting di yogya. sampai bandara adisutjipto yogya dijemput driver, langsung lah kita ke hotel quality tempat mas ronggo dan mas amri nginep. setelah itu lanjut ke carrefour untuk beli snack segala rupa buat stok mereka selama shooting dan gue beli beberapa keperluan pribadi plus cemilan yang kebanyakan buah buat jaga-jaga kalo gabisa makan dirumah sang nara sumber x_X . setelah itu kita drop barang crew di rumah palagan, rumah palagan ini another hotel buat crew nginep. biar lebih deket sama tempat mbah sumo juga (padahal tetep butuh sekitar 40 menit perjalanan dari hotel kerumah mbah sumo).

ga kemana-mana lagi, langsung ke rumah sang "mbah" yang daritadi disebut-sebut para crew ini. pembicaraan dimulai. pertanyaan-pertanyaan yang harus gue tanyain ga mungkin gue simpen-simpen dalam hati. mulai dari siapa si mbah itu? sama siapa dia tinggal? keadaan rumahnya gimana? mata pencaharian mereka apa? apa yang harus gue lakukan disana? do and don't, and the bla and the bla and the bla.

and oh well. mpbil ini udah parkir di depan rumah sang mbah. sejujurnya, penasaran iya. deg-degan iya. takut iya. gado-gado pokoknya.
turun dari mobil. mas ronggo nyapa mbah putri yang lagi duduk sambil buat keset dari serabut kelapa. dan mbah sumo yang tiba-tiba keluar dari pintu belakang rumah menyapa dengan bahasa jawa (%*&^^#$@@^%$!@#$!!!%^#@) ga ngerti gue si mbah ngomong apa sama mas ronggo..yang ternyataaaaa saudara-saudara sebangsa setanah airrrrrrr kedua mbah ini ga bisa berbahasa indonesia. YANG ARTINYA MEREKA GA NGERTI GUE NGOMONG APA, GUE GA NGERTI MEREKA NGOMONG APA. DAN KAMI AKAN TINGGAL SERUMAH SELAMA 3 HARI KEDEPAN. hahahahhaahahaaa lelucon.

jadi, mbah sumo ini adalah lelaki tua berumur sekitar 80 tahun. sudah dua kali menikah dan tidak punya anak. istri keduanya adalah yang saat ini bersama doi, yaitu si mbah putri ini yang nama aslinya tukinem. umur istrinya ini sekitar 55 tahun dan sudah tiga kali menikah, ga punya anak juga dari beberapa suaminya terdahulu. kasian kan mereka. tinggal di rumah yang lebih tepat dibilang kandang itu hanya berdua dan dipastikan mereka tidak akan punya orang yang membantu mereka saat kini masa tua mereka. makanya mereka masih nyari uang buat biaya makan sehari-hari.
  
hallooo everybody! ini mbah tukinem. istri dari mbah sumo yang tidak bisa berbahasa indonesia. yang dia gunakan hanya bahasa jawa dan bahasa tubuh. dan kami selalu saja mengakhiri pembicaraan dengan tertawa saling nggak ngerti satu sama lain. mbah ini suka malu-malu kucing. dan dia suka banget ngeliatin muka gue dari jarak deket bangeeeet. gatau dia mikir apa sambil ngeliatin gue, sampe lobang hidung gue pun diperhatiin sama doi terus dikomentarin -__-



dan ini adalah mbah sumo itu sendiri. lelaki tua yang sepantasnya nggak keluar rumah buat cari nafkah lagi. harusnya sih udah dirumah buat nikmatin masa tua dikelilingin anak, cucu, saudara dan hati tenang. apalagi sekarang mbah sumo udah sakit-sakitan.

sejujurnya nih yaa..gue shock ngeliat rumah itu. pengen nangis begitu masuk dan langsung mikir untuk jujur ke crew kalo gue ngga akan sanggup ngejalanin ini semua. pengen nangiiiiiiiiiiiiiiiis :(
tapi beberapa menit berlalu. sempet ngobrol yang dibantu sama crew-crew yang kebanyakan bisa bahasa jawa, gue kasian banget liat mereka berdua. mbah-mbah ini yang tiga hari kedepan bakal dapet rezeki melimpah dengan bantuan gue yang mendekatkan diri ke mereka, ngehadirin sosok baru dirumah mereka, buat mereka seneng seenggaknya untuk tiga hari ini. buat mereka ketawa-ketawa seru di tiga hari ini. yang mungkin sebelumnya mereka lebih banyak diam satu sama lain atau mungkin lebih banyak merenung meratapi nasib. bisa juga mereka lebih banyak diam karena terlalu capek sama aktifitas masing-masing ngejalanin hari mencari nafkah. mereka yang se-tua itu. gue ga tegaaa..

bismillah.
semua terjadi gitu aja. gue berusaha ngobrol. berusaha ngerti cara ngomong mereka. berusaha masuk ke dunia mereka. dunia mbah sumo dan mbah putri. apapun yang terjadi. gue yang emang mau semua ini. gue mau belajar. gue mau dapet pelajaran hidup. gue pengen bisa kenal mereka. dan jawabannya, gue harus siap. sebut bismillah dan ikhlas. gue siap :)

ini dia sudut-sudut rumah mbah sumo yang minimalis sekali itu. coba posisikan kalian ada dirumah itu dan coba ganti diri kita di posisi mbah sumo. pasti nggak ada yang mau kan. tapi jangan bangga dulu, belum tentu hidup yang seperti ini yang benar-benar akan susah pada akhirnya. dan belum tentu hidup manusia di kota yang serba "urban" dan "metropolis" adalah hidup yang sebenarnya paling sempurna. masih ada Tuhan yang akan kasih kehidupan lain nanti sesuai amalan kita toh :) dan bukan berarti juga kita harus hidup seperti mbah sumo ini buat dapet amalan yang baik, tapi sebagai pengingat dan pembelajaran kali yaa. tulisan ini sih fokusnya ke diri gue sendiri, karena berdasarkan pengalaman gue selama disana. tapi kalo ada yang mampir-mampir ke blog ini buat iseng baca-baca..lumayan bisa belajar bareng :)

sudut ini namanya meja makan. lebih ke meja serba guna sih sebenarnya. karena mereka ga pernah benar-benar makan disitu. dan karena juga itu bukan meja makan betulan yang ada kursi duduknya buat mereka makan. cuma meja buat tarok makanan kalo ada. gue bawa apel agak banyak tapi yang di display cuma sedikit, itu juga ternyata si mbah putri cerita sama gue, mbah sumo bilang apel nya diplastikin aja. takutnya kalo ada tetangga dateng dan si mbah nggak nawarin nggak enak. padahal itu apel gue. gitu katanya. yaelaah mbah masih kaku ajee. hehe. justru itu gue keluarin buat mereka makan sebenernya. tapi nggak disentuh-sentuh ajaaa dong. emang gue suka gigit apa?
ini sudut lain di seberang meja tadi. di meja kayu beralas cokelat itu biasanya ada tv yang nemenin si mbah nonton malem-malem. mereka nggak sempet nonton kalo siang karena sibuk beraktifitas. nah kenapa sekarang nggak ada? karena pas gue dateng kesana, pas banget tuh tv rusak dan dia minta dianterin buat perbaikin tv ini. katanya biar gue juga punya hiburan selama disana. pas banget! justru gue ini yang dateng buat menghibur mereka. bukan mau dihibur tv. mudah-mudahan. jadi tv nya kita balikin nanti dihari teakhir aja ya mbah.

ini dipan tempat tidur mbah sumo dan istrinya. liat ini pertama kali hal yang terpikir adalah, gue nggak akan mungkin tidur selama tiga hari kedepan. tapi pada akhirnya, "ikhlas" yang bisa buat gue tidur sambil ngorok-ngorok juga :) walaupun setiap tidur selalu kebangun terus gelisah liat jam berharap udah shubuh dan terang.
ini dapur. dan mbah putri masak pake kayu bakar yang harus ditiup-tiup pake corong gitu buat ngidupin apinya. dan gue nggak pernah ngutak-ngutik itu peralatan lenong karena si mbah putri bukan cuma pake kayu bakar, kadang dicampur kardus bekas atau sisa daun-daun kelapa kering. jadi kalo hidup apinya suka nggak rata. nyembur-nyembur nggak jelas. daripada horror mending serahkan pada ahlinya saja. yaa kan? :)
 ini ayam si mbah yang paling kecil dan paling gue benci. jadi mereka punya tiga ekor ayam dan itu harta ayam mereka segitu-gitunya. yang dua agak gedean dan yang ini masih kecil. mereka punya kandang di dapur persis didepan pintu. tapi setiap bangun pagi si mbah selalu melepaskan ayam-ayam ini dan suka berkeliaran masuk rumah. si kecil ini paling gatau diri suka masuk-masuk dan nggak takut kalo ditakut-takutin juga. dan dengan lancangnya, dia suka ngebuntutin kemana kaki gue pergi terus matok-matok kaki gue. dasar ayam! gue aduin ke mbah dan dia ditangkep terus dimasukin kandang. syukurin lo yamm! macem-macem sih sama gue.

jadwalnya adalah, hari ini belum mulai shooting. jadi mas ronggo bilang, biar gue perkenalan dulu sama mbah sumo dan mbah putri biar lebih akrab dan suasana lebih nyaman. setelah ngobrol-ngobrol dan kita kan emang ngakunya mahasiswa yang mau buat tugas kampus untuk cari tau kehidupan orang desa kayak mbah sumo ini gimana. yang buat sedih, si mbah nanya berapa orang yang mau nginep dirumahnya. karena kalau banyak-banyak mereka ga sanggup biayain makan. "lah wong buat makan berdua aja sehari sekali kadang susah" kata mbah sumo. kasian nya mereka :( oiyaa..walaupun mereka miskin seada-adanya, mbah putri ga pernah lupa sholat..hebat. 
dimana-mana yang namanya rumah itu kan harusnya ada yang namanya kamar mandi. tetapi ini berbeda. mereka ga punya kamar mandi. panik sesaat deh gue! ajaib! terus dimana gue mengeluarkan hasrat pipis dan puppiii kalo kepengen? jadi si mbah ini punya sumur diluar rumah nya, dan disebelah sumur itu dikasih sekat-sekat bentuk persegi dari serat batang kelapa kering gitu dan diatas nya juga ditutup setinggi orang dewasa jongkok. whaaaaaaaaaattttt? ga mungkin gue akan mandi dan pipis disana. ENGGAAAK MUNGKIN. dan si mbah kalo pup di kali. itu jugak enggak mungkin gue lakukan. tapi kata mas ronggo, dia udah survey. katanya pak lurah baru abis buat wc umum dan bersih jadi gue bisa mandi disana. okeee, ga jadi panik.

ditinggal para crew balik ke hotel, gue mulai beradaptasi dengan rumah ini. hal yang pertama gue tanya itu tentang TIKUS. apa ada tikus disini? karena gue yakin pasti akan ada melihat kondisi rumah kotor sekotor-kotornya gini..tapi harapan gue tetep jawabannya sih nggak. pleaseeeee mbah pleaseeeeee bilang nggak. nggak. nggak. nggak. pleaseeeeeeee. kata si mbah banyak tikus disana. mulai dari bawah sampe suka lari-larian diatas genteng. SUPER SHOCK. mana mungkin gue bisa tinggal dan tidur pada jam tidur kalo binatang jahanam dan laknat yang disebut tikus itu ada berkeliaran serumah sama gue?! tapi si mbah ngeyakinin kalo ada kucing, si tikus ga akan berani dateng. jadi si mbah ini punya kucing yang kalo dtg tiap malem doang ngeong-ngeong minta makan. nah trus untuk menghalau si tikus masuk, dia iket tuh kucing dibawah meja makan yang ada persis di depan dipan tempat tidur nya. jadi otomatis si tikus ga akan berani. brilian juga ide si mbah putri.

abis sholat maghrib, si mbah putri mau masak. dia nanya gue suka nggak sama sayur gori. sayur gori itu ternyata sayur nangka pake santen. dangue ga suka. tapi gue bilang dimasak aja. kalo gue sih gampang, kan gue bawa sedikit cemilan sama apel. lagian kalo boleh jujur jugak, gue agak ga nafsu makan. tapi gue tetep bantuin doi masak. mulai dari ngupas nangka nya yang getahnya annoying bgt. terus marut kelapa yang parutannya juga udah tumpul gitu. ohiyaa, fyi niih..bahan buat bikin sayur itu gratisan, si mbah dapet nangka muda itu dari metik di pohon, trus kelapa juga metik di pohon. itu sering banget dilakuin karena kalo nggak gitu dia akan bingung makan pake lauk apa. dan biasanya ada tambahan tempe goreng. voiiillaaa! untung ada tempe goreng nyeeeettttt...gue suka tempe goreng! selesai dengan sayur nangka dan tempe goreng, sekarang si mbah mau ngeliwet nasi. dia minta tolong gue cuci berasnya di sumur. pergilah gue ke sumur. dan weleeehhhhhhh, liat sumurnya, gue memastikan, kalo sikat gigi dan ambil wudhu buat kumur-kumur gue harus pake aqua. sumur nya kotor banget. karena letaknya diluar, kena air hujan lah, kena debu lah, kena cipratan bekas cucian lah. dan disampingnya kan tempat pipis dan mandi mereka. bukan hal yang ga mungkin kalo hujan atau lagi ngapain pun itu, air kotor nyiprat-nyiprat kedalem sumur -_____- pemikiran yang buruk :(

tapi tetep deh gue cuci tuh beras dengan pikiran, ntar gausah makan nasi deh. 

semua udah mateng semua udah siap. nasi, sayur gori,tempe. si mbah-mbah ini memaksa gue makan. tatapan mata mereka bilang kalo gue harus makan nasi nya. ayoomakan nasinya..ayoooo cecil makan nasiiiiinyaaaaaaaaa aaaaaaaaaaaaaaaaa.

gue makan juga tuh nasi. semua berawal dari bismillah. walaupun ada sedikit-sedikit perasaan "aduh" "aduuh" tapi gue coba tepis itu semua dengan pemikiran gue akan ngelakuin ini buat si mbah-mbah yang sepertinya seumur hidupnya susah terus.

yang berkuah itu adalah sayur gori. dan itu nasi hasil liwetan yang tadi gue cuci pake air sumur. dan yang paling alhamdulillah, ada yang namanya sambel dan tempe di dunia ini. nggak pake susah makan :)

tetangga-tetangga pada rese. pada banyak yang dateng trus ngajakin gue ngobrol dan kepo pengen tau gue ngapain nginep-nginep disitu. padahal kan dari dua hari sebelumnya gue udah nggak tidur, jadi pas abis sholat isya, mulai lah gue teler beraaaaat. sampe ada tetangga ibu-ibu yang dateng ngajak ngobrol gue tinggal tidur. grookk groooooookkk. maaf ya bu, saya tepar.
oiyaa, jadi gue tidur sekamar sama si mbah-mbah ini. karena mereka cuma punya satu bilik tempat tidur. tapi space tempat tidur nya dua. jadi gue tidur sama mbah putri di space yang satu, nah space yang kepisah satu lagi buat mbah sumo tidur.

tidur di dipan yang ga ada empuk-empuknya sama sekali itu. gue alas pake kain yang gue bawa sampe ke bantal-bantal kepalanya. karenaaaaaa mereka ga pake seprei. mereka cuma pake kain yang itu pun udah kumel, bolong-bolong pula. trus bantal kepala nya joroknya bukan main. gue juga nggak ngerti gimana caranya bisa tidur dengan nyenyak disana kalo bukan niat awal yang disebut ikhlas itu.
bisa bayangin nggak tidur ditempat yang kotor, nggak terang, sempit, trus liat si mbah sumo nya suka batuk terus buang dahak sembarangan di pojokan tempat tidur. OH WELL, IT'S A BIG JOKE. ga ada satupun meja bersih disana. semua berdebu tebal. lantai yang masih tanah, genteng yang bocor-bocor, dan keadaan lainnya dari rumah itu yang bener-bener buat prihatin.

jadi, sementara gue sibuk meyakinkan hati untuk ga memikirkan itu semua, gue udah keburu mau pingsan saking ngantuknya udah dua hari nggak tidur. 

thanks God ada manfaatnya dua hari nggak tidur. jadi disini gue bisa tidur cepet banget biar ga berasa hal-hal yang tak diinginkan.

lets meet tomorrow. will see whats going on?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar